REVIEW FILM SAMA CALON PENGAJAR DI AUSSIE !! [DUNKIRK]

Hello guyss! long long time no seeee! and now i'm back with a surprise! lately i've been honored to watch a movie with such a great daily blogger which was reviewed so many movies, daily make up, and many more! this time i got an opportunity to do such a movie review with her! how great, isn't it?! if you are "kepo kepo" here's a sneak peak of her blog :



I'll talk about the comparison between the movie story line and the actual event, while her,  Vera Sumanta, will be talking about how great the "movie"

Well, let's get started! OK, since Indonesian viewers are still reign so i'm gonna put this on Indonesian. 
DUNKIRK, 26 Mei - 4 Juni 1940
Dunkirk adalah sebuah pelabuhan di Belgia, tepat pada saat berlangsungnya Perang Dunia II, saat Jepang, Jerman, dan Italia yang merupakan negara fasis melakukan invasi besar-besaran mengarungi samudera. Buat yang udah nonton, pasti tau kalo peristiwa ini adalah peristiwa evakuasi kan? Tapi lo pada pasti heran kan, asal usul ceritanya gimana? Kepo, tapi males baca buku sejarah? 

Waktu itu bulan September 1939, usai Jerman Nazi nyerbu Polandia, Prancis dan Britania Raya atau lebih kita kenal di film itu Inggris nyatain perang sama Jerman, mereka juga nerapin blokade ekonomi. Britannians Expeditionary Force (BEF) dikerahkan buat bantu mertahanin Prancis. Tiga dari korps Panzer Jerman nyerang prancis lewat hutan Ardennes dan melaju ke selat Inggris. Nah pas tanggal 21 Mei 1940 Jerman berhasil menjebak BEF, sisa pasukan Belgia, dan tiga pasukan Prancis di pesisir utara Prancis. Singkat cerita akhirnya mereka terpukul mundur ke Pelabuhan Dunkirk di Belgia. Saat itu Komandan BEF, Jenderal Viscount Gort, menilai evakuasi melintasi Selat Inggris merupakan satu-satunya cara dan keputusan terbaik yang bisa diambil. dan mulai menarik mundur pasukan ke Dunkerque  (Dunkirk), lokasi terdekat dengan tempat berlabuh yang baik. Kaya yang kita-kita lihat di filmnya, tentara Inggris sama Prancis nunggu buat di evakuasi, dan selama evakuasi itu dilakuin banyak banget kendala yang ada, like pengeboman di pesisir pantai, ketidakbebasan mengexplore sekitar karena banyaknya tentara sekutu yang dalam posisi siap untuk menyerang..... Udah deh sebenernya ceritanya pun ga jauh jauh amat sama film, percaya aja sama Nolan! Ga usah ragu guys, ini Nolan! But kalo lo pada pengen nanya-nanya komen aja yak!

Peristiwa di Dunkirk ini disebut sebagai Operasi Dinamo yang diambil dari nama markas besar apa ya gue lupa, pokoknya dari nama sebuah markas deh... Oiya seperti yang kita semua tahu, bahwa JERMAN negara yang sangat ingin gue tinggali setelah Inggris punya satu diktator hebat yang diluar kekejamannya gue acungi jempol dan gue idolakan, ya Adolf Hitler. Buat kalian yang belom tahu siapa dia which is ga mungkin kecuali kalian selalu tidur pas pelajaran sejarah, dia adalah pemimpin nazi terhebat yang sampe sekarang aja katanya masih ada antek-anteknya! Nih foto Hitler sama si kumis baplangnya!


Sudah jelas ya kawan kawan gue ambil foto ini dari google, ga mungkin juga kan gue ambil foto doi pas berapa puluh tahun sebelum gue lahir. Karena sekarang... Hitler udah mati! Tapi yang jadi misteri adalah bagaimana seorang Hitler bisa mati. Dari sekian banyak informasi yang ada tentang kematian Adolf Hitler, ga ada pihak yang bisa nyebutin secara pasti penyebab kematian pemimpin Nazi Jerman ini. Versi yang paling populer nyebutin kalo Hitler mati bunuh diri dengan cara nembak dirinya sendiri atau meminum racun sianida pada 30 April 1945 di sebuah Bunker di Berlin bersama kekasihnya Eva Braun.

Terus kalo Hitler sehebat itu dan terlibat dalam peristiwa Dunkirk ini, kok bisa sih mereka berhasil dalam mengevakuasi puluhan ribu tentara Inggris dan Prancis? Semudah itukah? Jawabannya TIDAK! Evakuasi Dunkirk ini adalah kali pertama Hitler melakukan kesalahan strategi perang atau bisa dibilang ini adalah blunder pertama Hitler!

Penyerangan Jerman ke Perancis pada April 1940 nampak begitu menjanjikan. Pertahanan sekutu sepanjang perbatasan Belanda, Belgia dan Luxemburg runtuh hanya dalam hitungan hari. Pasukan dari ketiga negara itu mundur ke garis perbatasan baru, yaitu di sepanjang garis maginot lini di Perancis. Di sana, bala bantuan Inggrispun telah siap. Total, Inggris mengirim lebih dari dua ratus ribu pasukan ke Perancis. Sehingga membuat kekuatan gabungan sekutu berjumlah lebih dari 1,7 juta manusia. Jauh lebih besar dari pasukan Jerman yang diperkirakan hanya berjumlah 1.2 juta manusia.

Ada lebih dari tiga ratus ribu pasukan yang terkurung di Kota kecil Dunkirk. Pasukan itu adalah kumpulan dari Pasukan Inggris, Perancis, Belgia, sebagian kecil Belanda, Luxemburg dan Polandia. Tidaklah jelas keputusan Hitler untuk menghentikan serangan di Dunkirk. Namun karena keputusannya inilah, tiga ratus ribu tentara sekutu berhasil lolos ke tanah Inggris. Inggris memprioritaskan penggungsian ini dengan mengirim ribuan kapal (sebagian besar merupakan kapal nelayan dan komersial) untuk menyelamatkan pasukan yang telah terdesak ini.

Jadi guys! Bagi gue yang jadi Miracle di peristiwa Evakuasi Dunkirk atau biasa dibilang Keajaiban Dunkirk adalah bukan pengevakuasian puluhan sampai ratusan ribu tentara sekutu, yang jadi keajaiban adalah kenapa HITLER ngambil keputusan buat berhenti nyerang Dunkirk! As you guys see bahwa ada pesawat yang muter balik dan gajadi nyerang Dunkirk di filmnya, itu nunjukin bahwa emang Hitler berhenti buat nyerang Dunkirk. But guys, Nolan is a GREAT MOVIE CREATOR so dia ga singgung Hitler disini, karena kalo lo pada tahu evakuasi ini adalah pemberian Hitler, lo pada pasti ga bakal segereget kemarin nonton film ini yang packaging-nya udah cocok banget dari backsound sampe visualisasi udah keren banget buat lo pada degdegan! Jadi ada perubahan sudut pandang mengenai film Dunkirk atau nambah ilmu tentang sejarah?

PS: My biggest sorry for my partner on making this review, yap Ms. Vera Sumanta because i was late on uploading this and sorry for you guys my beloved readers!

Comments

  1. love love love! suka bacanya kaya baca sejarah but in fun and simple way! can't wait to have another collab with youuuuu xx

    ReplyDelete
  2. Maaf, ijin sekedar mengkoreksi (sebenarnya hanya sedikit typo aja hehe)
    1. Yang benar Garis Maginot (Maginot Line) bukan Marginot
    2. Racun yang diminum Hitler: Sianida

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terimakasi Abii sudah mengoreksii, maaf yaa kesalahan ketiknya mungkin karena saya ngantuk ^,^

      Delete

Post a Comment

Popular Posts